ISO merupakan kriteria yang harus dimiliki oleh perusahan yang maju. Dari banyaknya standar program ISO salah satunya adalah sertifikasi ISO 9001. Lalu apa itu ISO 9001? Temukan jawabannya pada artikel kali ini.
Apa Itu Sertifikasi 9001
Sertifikasi ISO 9001 adalah standar internasional yang berada pada bidang sistem manajemen mutu. ISO 9001 ini merupakan sertifikasi yang diadopsi oleh ISO . ISO atau kepanjangannya dari International Organization for Standardization yang merupakan lembaga penentu syarat organisasi perusahaan berstandar internasional.
Tentu saja hal ini sangat penting dimiliki oleh setiap perusahaan, karena hal ini menandakan fungsi produk, kualitas dan kinerja perusahaan tersebut terlebih dalam sistem manajemen mutu.
Dimana sistem manajemen ini mengarah pada segala aktivitas yang ada pada perusahan tersebut, sehingga produktivitasnya memenuhi tujuan.
Pada dasarnya tujuan suatu produktivitas yang dihasilkan oleh perusahaan baik itu berupa produk atau jasa ditetapkan dengan pemenuhan persyaratan kualitas konsumen, kesesuaian dengan aturan ataupun tujuan lingkungan tersebut.
Tak hanya itu, organisasi atau perusahaan tersebut pun perlu menerapkan aturan, standar industri hingga praktik terkait proses produksi dan hasil yang baik.
Sederhananya standar ISO 9001 ini memastikan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan berkualitas serta mendorong tindakan umpan balik pelanggan, pengguna akhir ataupun bada pengaturan.
Penerapan ISO 9001 membantu perusahaan dalam menanamkan kepercayaan, khususnya pada saat situasi yang melibatkan hubungan bisnis barunya.
Persyaratan Sertifikasi 9001
Seperti yang telah dikatakan di atas sertifikasi 9001 ini merupakan persyaratan yang harus atau bahkan wajib dipenuhi oleh setiap perusahaan. Selanjutnya, cara pemenuhan persyaratannya diserahkan kepada perusahaan itu sendiri, tentunya disesuaikan dengan jenis atau kompleksitas industrinya.
Dimana biasanya persyaratan sertifikasi 9001 adalah sebagai berikut:
Memiliki Kebijakan dan Sasaran Mutu
Persyaratan utama yang biasanya harus dipenuhi oleh setiap perusahaan, yakni di mana ISO 9001 ini mewajibkan perusahaan untuk memiliki peraturan atau kebijakan serta sasaran mutu.
Tentunya, perusahaan harus menetapkan kebijakan atau sasaran mutu tersebut sesuai dengan karakter dari perusahaan tersebut.
Memiliki Sumber Daya yang Baik
Selanjutnya persyaratan ISO 9001 yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yakni dengan adanya sumber daya yang baik seperti sumber daya manusia ataupun infrastrukturnya.
Dalam memastikan sumber daya yang ada disesuaikan dengan ketetapan perusahaan, sebagai contohnya dalam memastikan pekerja yang sudah berkompeten bisa ditAndai dengan sertifikasi atau lainya semisalnya pekerja pengemudi yang berkompeten maka harus memiliki SIM.
Begitupun dengan penetapan serta pemeliharan infrastrukturnya yang harus ditetapkan oleh perusahaan terkait.
Memiliki Standar sebagai Acuan Bekerja
Terakhir persyaratan ISO 9001 yang harus dipenuhi yakni memiliki standar yang dijadikan sebagai acuan untuk bekerja dengan tujuan untuk menghindari adanya kesalahan.
Seperti poin-poin sebelumnya, standar acuan ini pun dapat ditetapkan oleh perusahaan dengan menyesuaikan karakter unik perusahaan terkait.
Prinsip-prinsip Sertifikasi 9001
Terdapat landasan prinsip-prinsip pada sertifikasi sistem manajemen mutu ataupun manajemen kualitas. Di mana prinsip-prinsip ini dapat digunakan untuk mengelola dan meningkatkan kinerja perusahaan tersebut, tentunya prinsip ini dilakukan oleh manajemen senior dari perusahaan tersebut.
Prinsip yang dimiliki oleh sertifikasi 9001 diterapkan sesuai dengan pengalaman serta pengetahuan dari para ahli internasional yang ikut berpartisipasi dalam komite teknik ISO/TC 176. Di mana komite ini memiliki tanggung jawab terhadap pengembangan standar ISO 9001 2015.
Berikut ini merupakan prinsip sistem manajemen mutu sebagai landasan penyusunan Sertifikasi ISO 9001 2015 di antaranya:
Fokus Pelanggan
Prinsip pertama ialah fokus terhadap pelanggan. Di mana setiap perusahaan didorong dalam memberikan kebutuhan-kebutuhan yang melebihi tingkat harapan dari konsumen. Hal ini dilakukan untuk memastikan pencapaian kepuasan para pelanggan.
Tentu saja prinsip ini jika dilakukan dengan baik dan tepat, Anda bisa memperoleh keuntungannya tersendiri untuk bisnis perusahaan Anda.
Kepemimpinan
Prinsip kedua dari ISO 9001 ialah terkait kepemimpinan. Di mana setiap pemimpian yang berada pada perusahaan atau organisasi memiliki tanggung jawab akan pencapaian target yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Dalam melakukan pencapaian target ini, tentunya dibutuhkan adanya pemberdayaan yang baik, tepat, dan efisien. Maka dari pemimpin harus melakukan pemantauan lebih terhadap perusahaan yang dikelolanya.
Keterlibatan Orang Lain
Prinsip yang ketiga adalah keterlibatan orang lain dengan perusahaan terkait. Dimana perusahaan harus memberi kepuasan kepada para customer dengan didukung oleh orang-orang yang memang sudah ahli terkait hal tersebut, sehingga goals pun dapat tercapai dengan mudah.
Semua tingkatan yang ada di perusahaan haruslah diberdayakan dan dilibatkan dengan secara baik.
Pendekatan Proses Bisnis
Prinsip keempat yakni pendekatan proses bisnis, di mana sistem manajemen mutu ini dilakukan dengan lAndasan tahap atau proses murni yang ada pada perusahaan dalam melibatkan semua pihak terkait.
Peningkatan Terus-menerus
Prinsip ISO 9001 yang kelima ialah peningkatan terus menerus. Dimana perusahaan yang terfokus dalam melakukan improvement merupakan perusahaan yang bertahan pada persaingan di dalam dunia industri.
Pendekatan Faktual dalam Pembuatan Keputusan
Prinsip keenam yang ada pada sertifikasi ISO 9001 yakni pendekatan faktual dalam membuat sebuah keputusan. Tentunya dalam melakukan atau memutuskan keputusan haruslah berdasarkan pada data dan fakta yang ada.
Sehingga, dalam mengambil keputusan Anda perlu melakukan pertimbangan yang tepat dan sesuai dengan adanya data atau fakta yang dibuat.
Hubungan Pemasok yang Saling Menguntungkan
Prinsip terakhir pada ISO 9001 adalah mengenai hubungan pemasok yang saling menguntungkan. Di mana perusahaan perlu melakukan kelola hubungan yang baik dengan pihak-pihak pada perusahaan.
Sebagai contohnya yakni pihak pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan pihak lainnya yang terlibat di dalamnya dalam mempertahankan perusahaan dengan keberhasilan melakukan persaingan.
Nah itulah 7 prinsip ISO 9001 yang perlu Anda pahami ataupun memperdalam, sehingga Anda dapat melakukan pengelolaan perusahaan hingga dapat mengembangkan perusahaan dengan baik dan sukses.
Lalu bagaimana dengan manfaat penerapan ISO 9001? Di bawah ini akan kami perjelas.
Ini 3 Manfaat Sertifikasi 9001
Dari adanya melakukan penerapan sertifikasi 9001 perusahaan dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut.
Mengutamakan Kepuasan Pelanggan
Manfaat dari pengaplikasian ISO 9001 ini adalah perusahaan dapat mengutamakan kepuasan para pelanggan. Tentu hal ini menjadi poin yang sangat penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan kualitas penjualan produk atau jasa sebuah perusahaan.
Tak hanya itu dengan adanya kepuasan pelanggan maka akan menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda.
Manajemen Internal yang Baik
Kedua, perusahaan dapat memiliki manajemen internal yang baik dengan adanya ISO 9001 sehingga dapat memastikan produktivitas dan kualitas perusahaan tersebut.
Sistem yang Terdokumentasi
Terakhir pemanfaatan ISO 9001 terhadap perusahaan yakni bisa memiliki sistem yang dapat terdokumentasi.
Di mana ciri perusahaan yang maju dan berkembang ditandai dengan dokumentasi setiap proses pekerjaan atau kegiatan.
Nah itulah terkait manfaat sertifikasi ISO 9001 yang perlu diketahui. Dengan menyimak artikel ini hingga selesai Anda dapat mengetahui kepentingan ISO terhadap perusahaan.
sumber : ruanghse.com
salam,
gjr👌
Tidak ada komentar:
Posting Komentar