Manajemen
Kualitas Proyek adalah proses yang dilakukan, untukmenjamin proyek
dapat memenuhi kebutuhan yang telah disepakati, melalui aturan-aturan
mengenai kualitas, prosedur ataupunguidelines. Kesepakatan ini dapat terukur melalui parameterconformance to requirements (proses dan produk proyek memenuhi spesifikasi) dan fitness for use (produk dapat digunakan sesuai maksud dan tujuannya).
Proses Project Quality Management
Model
atau cara ini digunakan menghubungkan faktor kesuksesan yang kritis
pada proses bisnis . Ini membangun dasar pondasi yang mana Continous
Quality Management Model meneruskan mengadakan suatau analisis yang
terhadap langkah langkah dan proses dalam meningkatkan dan memanfaatkan
kesempatan yang ada.
Penggunaan kualitas dalam proyek konstruksi
Management
kualitas yang terpadu merupakan pendekatan yang umum di gunakan untuk
mendapatkan suatu kualitas yang diinginkan. Dan kualitas suatu proyek
adalah masalah yang khusus yang mana wajib memerlukan penafsiran yang
khusus pula.
Ada 6 (enam) lingkup dari pekerjaan proyek yang mana kualitas harus diuji dan diperiksa yaitu :
· Kualitas dari penerangan dan keputusan dari klien
· Kualitas dari proses disain
· Kualitas Material dan komponen
· Kualitas dari kumpulan proyek
· Kualitas dari kegiatan management proyek
· Management proyek sebagai rata rata dari peningkatan kualitas proyek
Quality Planning, Quality Assurance, Quality Assurance
Plan, dan Quality Control.
Quality control
Pengendalian
Mutu (Quality Control) adalah teknik dan aktivitas operasi yang
digunakan agar mutu tertentu yang dikehendaki dapat dicapai.
Aktivitasnya mencakup monitoring, mengeliminir problem yang diketahui,
mengurangi penyimpangan/perubahan yang tidak perlu serta usaha-usaha
untuk mencapai efektivitas ekonomi.
Mutu
(kualitas) dalam kerangka ISO-9000 didefinisikan sebagai “ciri dan
karakter menyeluruh dari suatu produk atau jasa yang mempengaruhi
kemampuan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan tertentu”. Hal ini
berarti bahwa kita harus dapat mengidentifikasikan ciri dan karakter
produk yang berhubungan dengan mutu dan kemudian membuat suatu dasar
tolok ukur dan cara pengendaliannya.
Quality Assurance
Pemastian
Mutu (Quality Assurance) adalah seluruh tindakan yang sistematis dan
terencana yang diperlukan agar terjadi kepastian dan kepercayaan
terhadap mutu produk/jasa yang diberikan. Aktivitasnya mencakup kegiatan
proses, baik internal maupun eksternal termasuk merumuskan kebutuhan
pelanggan. Maksud dari Quality assurance ini adalah mengidentifikasi
kemajuan dari kualitas. Quality assurance mengevaluasi cost dari proyek
secara keseluruhan secara teratur untuk menetapkan anggaran yang keluar
relevan dan sesuai dengan standard kualitas.
Analisis Pareto dan contoh diagram.
Apa analisis Pareto?
Prinsip
Pareto menyatakan bahwa hanya "penting beberapa" faktor yang
bertanggung jawab untuk memproduksi sebagian besar masalah. Prinsip ini
dapat diterapkan untuk peningkatan kualitas sampai-sampai sebagian besar
masalah (80%) diproduksi oleh beberapa penyebab utama (20%). Jika kita
benar ini menyebabkan beberapa tombol, kita akan memiliki probabilitas
lebih besar dari keberhasilan.
Pada contoh di bawah, Anda dapat melihat bahwa hanya 6 dari 20 penyebab bertanggung jawab untuk 80% dari masalah. Yang 14 lainnya penyebab bertanggung jawab untuk 20% dari masalah.Ada kesempatan baik bahwa jika Anda berfokus pada pemecahan 6 penyebab utama, 14 lainnya akan diselesaikan juga.
Demikian semoga bermanfaat.
Salam,
Ganjer👌
Tidak ada komentar:
Posting Komentar